3 Langkah Penting Cara Mencuci Karpet Agar Tidak Bau dan Tidak Rusak

Last Updated on 22 Januari 2021

3 Langkah Penting Cara Mencuci Karpet Agar Tidak Bau dan Tidak Rusak

Karpet adalah salah satu benda di rumah yang paling mudah kotor, karena karpet bisa menjadi tempat berkumpulnya debu dan sisa-sisa makanan. Jika anda mencari tahu bagaimana cara mencuci karpet, maka anda berada di artikel yang tepat.

Tidak hanya tentang mencuci karpet, sebelum anda membasahi karpet anda, ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Agar saat pencucian, karpet tidak rusak atau malah setelah pencucian karpet menjadi bau.

Ada beberapa bahan dan alat yang harus anda siapkan, namun tidak usah kawatir karena bahan dan alat untuk mencuci karpet ini bisa anda dapatkan dengan sangat mudah.

Persiapan Untuk Mencuci Karpet

Mengapa harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu? Berbeda dengan mencuci baju, mencuci karpet dibutuhkan sedikit kehati-hatian.

Karena kalau anda menggunkan alat dan bahan yang salah, karpet anda malah akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, siapkanlah alat dan bahan berikut ini :

1. Vacuum Cleaner

Jika anda tidak memiliki vacuum cleaner atau penyedot debu, anda tidak harus menyiapkan alat ini. Hanya saja nanti sebelum mencuci karpet, ada trik yang harus anda lakukan.

Namun jika kebetulan anda memilikinya, anda bisa mempersiapkan alat ini yang akan kita gunakan nanti.

2. Sikat Karpet

Sikat karpet bisa anda beli di toko-toko terdekat, sesuaikanlah dengan jenis karpet yang anda miliki. Jika bahan karpet anda lembut, jangan memakai sikat yang terlalu kuat dan kasar.

3. Botol/Selang Semprot

Untuk mencuci karpet sangat disarankan untuk memakai alat penyemprotan agar sisa debu dan kotoran bisa terlempar keluar.

Jangan cuci karpet dengaan menyiramnya begitu saja, karena sangat tidak efektif pada air dan tenaga yang anda keluarkan.

4. Sampo Karpet

Jika anda kesulitan menemukan sampo karpet, anda bisa menggantinya dengan sabun/sampo bayi. Intinya jangan gunakan pembersih yang memiliki reaksi bahan kimia yang kuat.

5. Jemuran Penggantung

Jemuran penggantung yang harus anda gunakan adalah jemuran kuat yang bisa menahan berat karpet basah. Nantinya anda akan melakukan pencucian dan pengeringan di jemuran ini.

Nah, itulah persiapan yang harus dan wajib anda lakukan sebelum melakukan cara mencuci karpet. Sekarang mari kita lakukan cara mencuci karpet yang baik dan benar.

cuci karpet

Cara Mencuci Karpet Yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah cara dan teknik yang bisa anda lakukan untuk mencuci karpet rumah anda :

1. Bersihkan debu di karpet dengan vacuum cleaner atau penyedot debu. Atau jika anda tidak memiliki penyedot debu, silahkan gantung karpet anda di jemuran.

Kemudian tepuk-tepuk dan pukul-pukul karpet anda menggunakan sapu. Dianjurkan untuk memakai masker dan topi saat melakukan ini.

2. Gantung karpet dengan baik di jemuran, kemudian semprot karpet dengan air dari botol/selang semprot. Lakukan secara perlahan dan merata.

Jika anda menggunakan botol semprot, setelah menyemprotkan air, anda langsung bisa menyemprotkan sampo karpet yang anda masukkan ke dalam botol.

Namun jika anda menggunakan selang, anda bisa memakai sampo karpet pada sikat karpet nanti.

3. Sikat karpet dari atas ke bawah, disarankan untuk menggosoknya dalam satu arah. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Ingat untuk memakai sampo karpetnya.

Jika dirasa sudah cukup, bersihkan atau bilas kembali karpet dengan semprotan air secukupnya saja.

Cara Mengeringkan Karpet

Tahukah anda bahwa karpet tidak bisa dikeringkan dengan sembarangan, karena bisa menimbulkan bau kurang enak setelahnya.

Namun jika anda mau memakai parfum setelah pengeringan, anda bisa saja menjemur karpet sesuka hati.

Hanya saja disarankan untuk tidak menjemur karpet pada siang hari yang terlalu panas. Coba untuk keringkan pada suhu yang tidak terlalu panas seperti siang bolong.

Dengan begitu bau yang kurang enak pada karpet akan bisa diminimalisir.

Tidak Mau Ribet?

Bagaimana jika karpet yang harus anda bersihkan jumlahnya banyak, dan ukuranya lumayan besar? Bakal sangat ribet banget ya, apalagi kalau itu karpet kantor.

Nah jika anda ingin terima beres dan ingin karpet anda dibersihkan oleh yang sudah berpengalaman serta profesional.

Anda bisa menggunakan jasa cuci karpet haracare, selain pembersihan dilakukan secara baik, alat yang digunakan pun adalah alat khusus pencuci karpet.

Karpet anda akan bersih seperti baru, ditambah harum dan segar. Hubungi CS kami sekarang juga via telp atau WA untuk info lebih lanjut.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.
Hallo, Welcome to Haracare.com.