6 Hama Rumah Pengganggu No ratings yet.

Hama Rumah

Datangnya hama rumah merupakan cerminan bahwa rumah kita sudah memicu untuk datangnya hama. Hama tersebut pastinya akan mengganggu Anda dirumah dan juga membawa suatu penyakit yang berbahaya.

Dengan datangnya hama rumah menimbulkan rasa cemas dan stress untuk penghuni rumah. Anda pasti akan melakukan segala cara untuk mengusir, membasmi dan membersihkan rumah Anda dari hama. Tidak banyak orang mampu untuk melakukan hal tersebut. Hal itu menyebabkan semakin banyak hama yang ada di rumah Anda. Kenali terlebih dahulu hama yang ada di rumah Anda.

Ada 6 hama rumah yang sering ada di temui yaitu :

  • Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat yang bisa masuk ke rumah dengan celah kecil sekalipun. Hama satu ini perusak properti Anda dirumah nomor 1, karena gigi mereka yang kuat dan terus berkembang. Penyakit yang ditimbulkan dari tikus ini cukup serius, sehingga menjadi hama yang berbahaya bagi manusia.

Cara sederhana untuk mengatasi hama pengerat ini yaitu menutup lubang yang menjadi jalur tikus untuk masuk ke rumah Anda seperti lubang WC, lubang atap, lubang pintu, lubang jendela dan lubang lainnya yang dikiranya tikus bisa masuk. Ada juga menggunakan perangkap tikus untuk membasmi tikus yang sudah ada di dalam rumah Anda.

  • Nyamuk

Nyamuk adalah hama yang sangat mengganggu dan sangat berbahaya. Penyakit yang ditimbulkannya yaitu Demam Berdarah, Malaria dll. Sifatnya yang suka memakan darah manusia ini, menyebabkan penularan ke manusia sangatlah cepat. Hidupnya di air yang menggenang seperti selokan, bak kamar mandi dan tempat – tempat yang bisa menampung air lainnya.

Cara membasmi rumah dari nyamuk ini sangatlah sederhana mulai dari kebersihan lingkungan sekitar, selokan dibuat mengalir, bak kamar mandi sering dibersihkan dan menutup bak penampungan air. Selain itu Anda bisa menyemprotkan obat nyamuk yang sudah direkomendasikan oleh pemerintah setempat.

  • Kecoa

Hama satu ini lebih sering terlihat di WC atau kamar mandi. Memang hidupnya mereka di selokan pembuangan WC. Hama ini juga membawa suatu penyakit yang berbahaya yaitu salmonella. Sisa makanan menjadi target favorit yang dicari kecoa dan juga tempat sampah. Jangan biarkan tempat sampah Anda lebih dari 2 hari menumpuk, itu akan menjadi tempat sarang mereka. Kecoa bisa terbang jika keadaan mengancam mereka, jadi berhati-hati dalam membasmi kecoa.

Kecoa bisa dibasmi secara sederhana yaitu dengan cara membersihkan tempat sampah, sisa-sisa makanan, dan juga membersihkan selokan dengan cara memakai obat khusus untuk hama kecoa.

  • Lalat

Sama halnya dengan kecoa, lalat merupakan hama yang senang mencari sisa makanan ataupun sampah yang berbau busuk. Jika lalat banyak ada dirumah dipastikan ada tempat mereka untuk berkembang biak. Tempat berkembang biak lalat yaitu tempat sampah, kotoran hewan, dan bangkai. Lalat bisa menetaskan telurnya di segala tempat, ini yang membuat lalat ini menjadi hama berbahaya, bisa saja makanan yang Anda mau makan dan lalat menghingapinya dan bertelur disana, setelah itu Anda menjadi sakit perut. Jadi, jangan sampai makanan Anda dihinggapi lalat.

Cara sederhana untuk mengendalikan lalat dengan cara membersihkan lingkungan sekitar Anda, membersihkan kotoran hewan peliharaan dan tutupin makanan Anda dari lalat. Ada juga dengan cara lem yang berikan sisa makanan sebagai umpan dan ada juga menyemprotkan zat kimia untuk membunuh lalat di tempat yang banyak lalat bergerumun seperti tempat sampat atau kotoran hewan.

  • Semut

Hama kecil ini memiliki koloni yang sangat banyak, dengan adanya ratu sebagai penguasa koloni. Semut memiliki kerja sama yang baik dalam mencari makanan, dengan tubuh yang kecil bisa membawa beban yang melebihi tubuhnya. Semut merupakan hama yang tidak terlalu berbahaya tetapi tetap mengganggu sebagai hama rumah. Makanan yang manis adalah makanan favoritnya seperti gula, permen dan makanan manis lainnya. Tidak hanya itu, sisa makanan yang tertinggal pun akan dibawa ke sarang mereka. Jenis semut ada banyak, ada semut gula, semut merah, semut hitam dan masih banyak lagi.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengendalikan semut, yaitu dengan sering membersihkan sisa-sisa makanan, menggunakan kapur khusus pengusir semut dan juga menyemprotkan cairan khusus untuk membunuh semut. Atau mencari sarang semut untuk membasmi sampai ke akar-akarnya.

  • Rayap

Rayap adalah hama yang meresahkan dan banyak tidak disukai oleh manusia. Keberadaannya membuat Anda menjadi waspada karena rayap ini membuat properti anda menjadi ancaman serius. Rayap senang berkoloni di properti Anda yang terbuat dari kayu dan juga dibawah tanah. Jadi, saat Anda ingin membangun, pastikan tidak ada koloni rayap dibawah tanah yang akan dibangun. Ada 3 jenis rayap yang sering kita temui yaitu rayap tanah, rayap kayu basah dan rayap kayu kering. Jika rayap sudah terlihat di rumah Anda, sudah dipastikan properti Anda sudah terinfeksi oleh rayap. Dampak dari rayap adalah kerugian materi bagi pemilik properti dan juga membahayakan keselamatan Anda jika rayap sudah menginfeksi lebih luas properti Anda.

Ada 3 cara untuk mengendalikan rayap yaitu pra kontruksi, pasca kontruksi dan sistem umpan. Pra kontruksi yaitu metode pencegahan rayap sebelum membangun rumah. Pasca kontruksi yaitu metode pengendalian rayap setelah rumah dibangun dengan membuat jebakan berisi zat kimia untuk membasmi raya. Sedangkan sistem umpan adalah menempatkan umpan yang dikiranya rumah dari rayap agar rayap datang dan membawa umpan tersebut ke tempat koloni mereka.

Jika hama dan cara tersebut tidak bisa mengendalikan atau membasmi hama, tidak ada salahnya Anda memanggil jasa pengendalian hama. Anda bisa menggunakan jasa pengendalian hama Haracare. Haracare mempunyai layanan pengendalian hama yang profesional dan terpercaya. Tim yang sudah berpengalaman lebih dari 12 tahun dan akan membantu permasalahan Anda.

Anda bisa cek lebih lanjut informasinya lewat website Haracare.com. Tersedia layanan konsultasi untuk Anda hubungi yaitu di 08001401543 atau chat lewat WA di 08113921414.

Please rate this

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.