fbpx

Penting! Bedanya Disinfektan Dengan Antiseptik

Bedanya disinfektan dan antiseptik

disinfektan dan antiseptik

Situasi pandemi ini diperlukannya kebutuhan yang berkaitan dengan sterilisasi dan juga kebersihan. Kebutuhan sterilisasi yang dimaksud berupa disinfektan dan juga antiseptik yang sudah banyak dipakai di masyarakat. Apakah Anda tau arti dan fungsi masing – masing dan juga perbedaan dari disinfektan dan antiseptik?

“Penting! Perlu Anda ketahui perbedaan ini”

Berikut bedanya disinfektan dengan antiseptik yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Disinfektan?

Suatu jenis zat kimia yang mampu mengeliminasi atau mengurangi pertumbuhan mikroorganisme seperti virus, bakteri, pathogen pada permukaan benda mati. Cairan disinfektan mampu mengeliminasi mikroorganisme hingga 99,999% sehingga lebih aman baik untuk benda mati.

Dalam pengaplikasian cairan disinfektan hanya untuk benda mati saja, seperti permukaan furnitur dan benda – benda disekitar ruangan. Tidak disarankan oleh CDC (Center for Disease Control and Prevention) untuk menyemprotkan disinfektan ke tubuh makhluk hidup seperti kulit dan tubuh lainnya.

Saat menggunakan cairan disinfektan harus memakai peralatan lengkap seperti sarung tangan dan juga masker agar tidak terhirup langsung dari bau disinfektan. Pastikan juga cara penggunaan yang tepat dan benar. Jika merasa tidak mampu, jangan sekali – sekali mencoba jika tidak tahu caranya karena sangat berbahaya jika tidak benar cara penggunaan cairan disinfektan. Anda bisa gunakan jasa disinfektan untuk lebih amannya.

Apa itu Antiseptik?

Sejenis disinfektan yang substansinya yang hanya menghentikan atau hanya memperlambat pertumbuhan mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur pada berbagai jenis permukaan. Antiseptik sering digunakan pada rumah sakit atau lingkungan medis lainnya untuk mengurangi resiko infeksi pada saat operasi. Tetapi antiseptik sekarang bisa digunakan dimana dan kapan saja serta di jual bebas di supermarket.

Pemakaian antiseptik bisa digunakan pada tubuh manusia yaitu kulit di beberapa bagian tubuh. Antiseptik juga ada beberapa jenis yang di produksi sebagai produk seperti cairan pembersih tangan, sabun mandi, pencuci mulut, sabun cuci piring dan beberapa kemasan umum yang tersedia di farmasi. Jangan sekali – sekali menggunakan antiseptik pada luka mata, gigitan hewan, luka berat, luka bakar atau luka karena senjata.

“Apa sudah paham perbedaan disinfektan dan antiseptik?”

Memang disinfektan dan antiseptik sama – sama mampu mengurangi dan menurunkan kontaminasi dari mikroorganisme tetapi ada perbedaan yang sangat besar tidak boleh disamakan karena jika salah pemakaian bisa membahayakan tubuh Anda.

Berikut perbedaan yang mencolok dari disinfektan dan antiseptik dan harus digaris bawahi.

1. Fungsinya

Disinfektan mampu mengeliminasi atau membunuh virus, bakteri, pathogen dan mikroorganisme lainnya pada permukaan benda mati sedangkan antiseptik mampu mengurangi laju pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang sifatnya hidup.

2. Tujuannya

Disinfektan bertujuan untuk membersihkan benda yang dapat menularkan virus, bakteri, pathogen atau mikroorganisme lainnya, sedangkan antiseptik bertujuan untuk mengurangi resiko terinfeksi karena bakteri dan kuman saja.

3. Efeknya

Disinfektan mempunyai efek keras karena sangat berbahaya jika mengenai jaringan yang sifatnya hidup, sedangkan antiseptik aman bagi tubuh saat digunakan untuk jaringan yang sifatnya hidup.

“Bagaimana apakah sudah benar – benar paham mengenai perbedaan antara disinfektan dan antiseptik?”

Penjelasan dari perbedaan disinfektan dengan antiseptik sangat jelas, bergantung pada cara pemakaian dan cara kerja dari kedua cairan tersebut. Dimana disinfektan hanya bisa digunakan pada permukaan benda mati sedangkan antiseptik aman bagi jaringan yang sifatnya hidup seperti kulit manusia.

Dan yang terpenting dari semua jenis disinfektan dan antiseptik, cairan ini tidak boleh diminum, dihirup atau di suntikan ke dalam tubuh. Sebelum Anda memakai cairan disinfektan atau antiseptik sangat disarankan untuk membaca terlebih dahulu petunjuk dan cara penggunaannya pada kemasan sebelum digunakan. Jika memakai layanan seperti jasa disinfektan, Anda bisa konsultasikan dahulu sebelum pengerjaan dan untuk antiseptik bisa tanyakan ke penyedia layanan produk untuk memastikan penggunaannya yang tepat.

Jika mencari jasa disinfektan ruangan untuk rumah, kantor, apartemen dan tempat lainnya, bisa gunakan produk Haracare. Produk yang sudah terdaftar di EPA dan direkomendasi oleh WHO mampu mengeliminasi mikroorganisme hingga 99,999% dan memiliki tim yang sudah ahli membasmi virus. Segera konsultasikan dengan marketing Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.