fbpx

Benda yang Perlu Disemprotkan Disinfektan Setelah Dari Luar Rumah

Benda yang perlu Disemprotkan Disinfektan Setelah Dari Luar Rumah

semprot disinfektan

Masa pandemi 2021 belum berakhir, masih ada peningkatan dalam jumlah pasien yang positif corona. Pencegahan melalui protokol kesehatan masih perlu dilakukan, untuk mengingatkan kembali apa saja protokol kesehatan yaitu 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak).

Di 2021 pembatasan jam keluar sudah tidak terlalu ketat seperti tahun 2020, tetapi tetap waspadai resiko penularan dari luar rumah. Berada di luar rumah tentu akan bertemu dengan banyak orang, resiko terkontaminasi akan lebih tinggi. Karena masyarakat perlu menggerakkan ekonomi keluarga, mau tidak mau harus keluar untuk mencari nafkah.

Anda tentu tahu,  virus dan bakteri akan menempel pada tubuh, pakaian dan benda – benda lainnya yang Anda bawa dari luar.  Hal ini perlu Anda perhatikan saat sesampainya di rumah agar tidak menyebarkan virus dan bakteri masuk ke dalam rumah. Utamakan kesehatan keluarga Anda sendiri dengan melakukan pencegahan virus dan bakteri dari luar rumah.

“Bagaimana caranya?”

Anda bisa melakukan penyemprotan disinfektan ke benda yang dibawa dari luar rumah atau benda yang Anda kenakan. Penyemprotan disinfektan dilakukan karena virus dan bakteri akan mati terkena zat kimia tersebut. Bahan aktifnya mampu mengeliminasi virus, bakteri, kuman dan mikroorganisme lainnya.

“Lalu, benda apa saja yang harus disemprotkan disinfektan?”

Benda yang harus disemprotkan disinfektan setibanya di rumah adalah :

1. Baju

Seperti yang Anda ketahui, pakaian dapat dengan mudah terinfeksi oleh virus, bakteri, kuman dan mikroba patogen. Anda mungkin tidak sadar bahwa saat Anda keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang, orang tersebut kemungkinan membawa virus dan bakteri entah. Apalagi Anda dekat orang yang bersin atau batuk, yang dapat menyebarkan lewat udara. Virus dan bakteri akan menempel di baju Anda dan ikut kemana pun Anda pergi termasuk ke rumah.

“Terus, apa yang seharusnya dilakukan saat setibanya di rumah?”

Lepaskan pakaian Anda, lalu cuci dengan deterjen atau Anda bisa rendam menggunakan air hangat dan di campur deterjen. Setelah itu Anda bisa sikat atau bisa menggunakan mesin cuci untuk mencucinya.

Penting! Jangan biarkan pakaian dari luar ditumpuk dan dibiarkan didalam rumah. Lakukan pencucian langsung pada hari itu juga.

2. Sepatu

Alas kaki pastinya penuh dengan bakteri dan mikroorganisme lainnya karena Anda tidak tahu apa yang Anda injak saat di luar rumah. Apalagi mempunyai kaki yang berkeringat dan itu lah penyebab kaos kaki atau sepatu dapat menimbulkan bau yang tak sedap. Penyebab bau dari dalam sepatu adalah bakteri yang sedang berkembang biak. Keringat yang keluar melalui kaki merupakan bakteri yang tidak diperlukan oleh tubuh dan keluar melalui keringat. Jika bakteri ini terlalu lama di sepatu maka menyebabkan bau tersebut.

Selain rajin untuk menjemur di bawah sinar matahari langsung, Anda perlu menyemprotkan disinfektan di luar sepatu atau didalam sepatu. Lakukan secara rutin dan setiap hari.

3. Tas

Benda satu ini pasti Anda bawa setiap pergi ke luar rumah. Fungsinya tentu saja banyak sekali seperti membawa dompet, alat pekerjaan hingga barang berharga lainnya. Tas sama halnya dengan pakaian, virus dan bakteri dapat menempel di tas dan membawanya sampai ke rumah. Anda mungkin tidak sadar menempatkan tas di atas meja yang mungkin ada bakteri dan virus atau tas bersentuhan dengan benda – benda yang ada disekitar.

Tas bisa Anda semprotkan disinfektan atau menggunakan lap yang berisi cairan disinfektan. Semprotkan ke seluruh bagian tas mulai dari luar sampai dalam tas. Jika tas Anda memiliki karakteristik yang spesial tidak boleh basah sekali, bisa gunakan lap yang berisi carian disinfektan.

4. Kendaraan

Saat berpergian ke luar rumah tentu saja Anda memerlukan kendaraan seperti sepeda, motor atau mobil. Anda pasti mengerti kenapa kendaraan perlu juga di bersihkan dari virus dan bakteri. Seperti yang Anda baca dari pertama, bisa saja baju, sepatu dan tas yang Anda gunakan, membawa virus dan bakteri. Setelah itu Anda bawa ke kendaraan yang Anda dan secara otomatis virus dan bakteri akan menempel di kendaraan Anda.

Cuci kendaraan Anda setelah berpergian dari luar rumah dan semprotkan disinfektan di luar dan didalam kendaraan secara keseluruhan.

5. Handphone

Kenapa handphone? hampir 99% orang tidak akan lepas dari handphone. Handphone sudah menjadi alat komunikasi yang harus dibawa kemana saja. Ada yang mengatakan “lebih baik hilang dompet dari pada hilang handphone” karena semua metode pembayaran sudah bisa melalui handphone. Karena handphone sangat sering bersentuhan dengan tangan Anda, secara tidak langsung virus atau bakteri juga menempel di handphone Anda. Selain mencuci tangan pastikan juga Anda membersihkan handphone Anda. Membersihkan barang elektronik tidak boleh sembarangan, karena barang elektronik sangat sensitif dengan air.

Cara membersihkannya bisa menggunakan lap yang berisi cairan disinfektan atau bisa gunakan tisu basah yang memiliki kadar disinfektan. Lakukan dengan perlahan dan pastikan membersihkannya secara keseluruhan.

Jika Anda memerlukan jasa disinfektan, Haracare siap membantu Anda. Melayani penyemprotan ruangan rumah atau kantor dan juga kendaraan Anda seperti mobil. Haracare mampu mengeliminasi virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya hingga 99,999%. Chemical yang digunakan sudah terdaftar di EPA dan direkomendasi oleh WHO.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.