fbpx

7 Cara Mencuci Karpet Sendiri Di Rumah

Mencuci Karpet

Karpet kotor adalah masalah bagi Anda, kaki tidak terasa nyaman dan bau yang tercium tidak sedap. Banyak faktor yang menyebabkan karpet Anda menjadi kotor, mulai dari sisa makanan, tumpahan minuman, hewan peliharaan dan kegiatan lainnya yang dilakukan diatas karpet Anda.

Pasti Anda sudah menyadarinya, jika karpet kotor akan menimbulkan berbagai macam penyakit dan tempat berkembangbiaknya kuman, bakteri, hama dan virus.

Tidak hanya kotor, apabila ada noda yang terlihat mencolok akan terasa menjijikkan jika dipandang oleh tamu atau kerabat yang datang berkunjung.

Jadi, Anda harus rutin membersihkan karpet Anda. Ya, minimal seminggu sekali jika penggunakan karpet yang sering. Kalau pun jarang, bisa anda lakukan sebulan sekali.

mencuci karpet

Ada cara mencuci karpet di rumah yang bisa dilakukan sendiri, tanpa memanggil jasa cuci karpet.

1. Pertama, bersihkan karpet dari debu dan kotoran.

Pembersihan pertama adalah menyingkirkan debu dan kotoran yang ada di karpet dengan menggunakan vacuum. Jika Anda tidak punya vacuum bisa menggunakan sikat khusus agar debu bisa keluar dari karpet.
Jangan langsung menggunakan air, itu tindakan yang kurang bijak. Jika langsung menggunakan air maka debu dan kotoran yang menempel akan lebih susah untuk dicuci.

2. Kedua, menggunakan metode gantung karpet.

Metode ini sangat efektif karena kotoran yang nanti dibersihkan akan mudah hilang dan turun ke bawah bersama air. Gantung karpet Anda sebelum disiram dengan air, pastikan gantungan Anda kuat menahan beban dari beratnya karpet yang basah. Metode ini sangat praktis dan setelah dibersihkan Anda tidak perlu capek-capek mengangkat karpet yang basah. Jangan sekali-sekali mencuci dibawah yang terlentang di lantai, karena tidak efektif sama sekali. Alasannya, saat mencuci dilantai kotoran yang dibersihkan hanya pindah ke bagian lainnya, air yang digunakan akan boros juga. Kalo di gantung kita menggunakan gaya grafitasi bumi yang turun kebawah alhasil, kotoran juga cepat turun ke bawah.

3. Ketiga, menggunakan penyemprotan air bertekanan tinggi.

Saat karpet sudah digantung, gunakan penyemprot air yang memiliki tekanan yang tinggi. Tekanan yang diberikan oleh penyemprot akan masuk ke dalam sela-sela karpet. Semprotkan dari atas sampai ke bawah agar kotoran cepat turun dan tidak mengendap di bagian lain dari karpet. Gunakan sikat halus jika ada kotoran yang membandel.

4. Keempat, menggunakan sabun khusus karpet.

Bahan dari karpet beraneka ragam, ada yang terbuat dari bahan baju, celana yang kita pakai dan juga bahan khusus. Oleh karena itu sabun yang digunakan juga harus sejenis dengan bahan karpet Anda. Banyak merek atau jenis sabun untuk mencuci karpet yang dijual di pasaran, pintar-pintar memilih bahan sesuai dengan karpet yang Anda akan cuci. Misalkan tidak menemukan bahan yang cocok, bisa menggunakan sabun bayi. Bahan dari sabun bayi lebih rendah konsentrasi kimianya dari pada sabun khusus karpet, ini bisa digunakan agar material karpet tidak mudah rusak.

5. Kelima, bilas karpet lebih dari dua kali

Setelah karpet disiram air dan digosok dengan sabun, baru Anda bilas dengan air bersih. Gunakan penyemprot bertenaga tinggi agar pembilasan lebih cepat. Lakukan lebih dari dua kali agar benar-benar bersih. Sesekali Anda menggosok untuk mengecek apakah ada busa atau sabun yang masih ada di karpet. Perhatikan juga dari sudut ke sudut kebersihan karpet.

6. Keenam, jemur karpet tanpa sinar matahari

Jemur karpet lebih baik di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari, bisa di garase rumah atau tempat yang ada atapnya. Kenapa tidak boleh menjemur secara lansung dibawah sinar matahari? panas matahari memang bisa membuat karpet cepat kering, tetapi resikonya bahan dari karpet akan mudah rusak. Alangkah baiknya menjemur karpet hanya mengandalkan angin saja.

7. Ketujuh, tambahkan baking soda

Jika karpet sudah kering, jangan langsung menggulungnya atau langsung dipakai. Tambahkan baking soda pada seluruh permukaan karpet agar terhidar dari bau yang tidak sedap. Caranya, taburkan baking soda dan tunggu selama satu menit setelah itu, sedot dengan penyedot debu. Jika sudah, karpet sudah bisa digunakan atau digulung untuk disimpan.

Demikian cara mencuci karpet sendiri di rumah dengan baik dan benar. Perlu diingat, karpet dengan sangat mudah kotor jika banyak aktifitas yang dilakukan diatas karpet. Cuci karpet harus dilakukan sesering mungkin.

Jika Anda merasa mencuci karpet sendiri itu repot, susah dan tidak ada waktu, Anda bisa kok memanggil jasa cuci karpet Haracare. Dengan harga yang kompetitif dan tenaga yang professional dalam mencuci karpet, akan membuat karpet Anda bersih dan tanpa bau yang tak sedap. Cari informasi jasa cuci karpet lebih detail di Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.