fbpx

Cara Sanitasi Gorden Untuk Hidup Sehat

Sanitasi Gorden

Sanitasi atau sterilisasi gorden merupakan kegiatan yang sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan keluarga Anda yang tinggal di rumah.

Masa pandemi seperti sekarang ini, perlu perlakuan khusus untuk setiap bagian rumah. Sanitasi atau sterilisasi gorden adalah salah satunya.

Bukan hanya virus saja yang sekarang kita lawan tetapi bakteri, kuman dan mikroorganisme lainnya perlu juga di perhatikan. Karena mereka merupakan sumber pernyakit sama seperti virus.

Bakteri, kuman dan mikroorganisme lainnya bisa menempel di gorden. Penyebabnya, bisa saja saat menyapu lantai dan debu berterbangan atau saat membersihkan debu di jendela. Debu tersebut yang pastinya membawa bakteri, kuman dan mikroorganisme lainnya.

Sanitasi atau sterilisasi gorden memiliki metode tersendiri agar terbebas dari debu dan sumber penyakitnya.

sanitasi gorden

Berikut cara sanitasi gorden yang bisa dilakukan sendiri dirumah

1. Mencuci dengan deterjen

Membersihan gorden dengan mencuci merupakan salah satu metode sanitasi gorden. Menggunakan deterjen, pastinya akan membunuh virus, bakteri, kuman dan mikroorganisme lainnya.

Kenali juga bahan gorden yang akan di cuci, jika bahannya terbuat dari katun, polister atau satun bisa dilakukan dengan mesin cuci. Apabila gordenya berbahan beludru atau organza akan membutuhkan perlakuan khusus saat mencucinya. Saat mencuci gorden usahakan jangan mencampur dengan pakaian Anda.

Keringkan gorden hanya dengan angin diluar ruangan, hindari pengeringan dibawah sinar matahari langsung.

2. Sedot debu dengan vacuum

Jika dirasa gorden masih bersih atau tidak ada noda sama sekali, bisa menggunakan vacuum. Metode ini sangat disarankan karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk prosesnya. Vacuum akan menyedot semua debu yang ada di gorden Anda, selain debu hewan seperti tungau juga akan ikut tersedot dengan vacuum.

Banyak model vacuum yang bisa digunakan, selain menyedot debu. Ada vacuum model penguapan seperti setrika uap. Dengan uap bisa membasmi sisa-sisa dari penyedotan debu. Jika anda punya setrika uap bisa digunakan setelah vacuum debu. Otomastis sanitasi gorden akan lebih maksimal

Dengan alat, otomatis akan mengeluarkan budget yang besar. Jika ingin yang sederhana cukup dengan mencucinya saja.

3. Semprotkan cairan disinfektan

Setelah melakukan mencucian atau vacuum, langkah terakhir agar benar-benar gorden Anda menjadi lebih steril yaitu menyemprotkan cairan disinfektan. Caranya, Anda bisa semprotkan cairan menggunakan sprayer keseluruh gorden. Perlu diingat, saat menyemprotkan harus menggunakan selop tangan dan pelindung muka. Setelah penyemprotan, jangan dekati gorden dulu. Tunggu sekitar 30 menit sampai 1 Jam agar tidak terhirup baunya. Soalnya banyak cairan disinfektan yang memiliki efek samping saat menghirupnya. Pastikan membaca cara penggunaan disinfektan dengan baik dan benar.

Dari semua metode diatas, bisa Anda lakukan dengan sendiri. Menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda sangat penting, karena biaya rumah sakit akan lebih besar dari pada hanya mensterilkan gorden. Lakukan secara rutin agar terhindar dari penyakit, Anda bisa lakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Jikalau Anda merasa tidak ada waktu dan tidak mempunyai alat seperti vacuum. Bisa cari jasa sanitasi gorden milik Haracare. Dengan yang alat modern akan membantu Anda dalam sanitasi gorden dan Haracare memastikan mengeliminasi virus, bakteri, kuman dan mikroorganisme lainnya hingga 99,999%. Informasi lebih lanjut hubungi marketing Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.