fbpx

Cara Terhidar Dari Tungau Debu Dengan Sanitasi Kasur

Sanitasi Kasur Untuk Membasmi Tungau

Setiap bangun pagi apakah Anda merasakan gatal-gatal? Gatal-gatal tersebut datang secara tiba-tiba tanpa Anda ketahui penyebabnya dan Anda menganggap hal tersebut hal terbiasa.

Biasanya beberapa kasus gatal-gatal menyerang pada waktu malam hari. Tahukah Anda, jika rasa gatal tersebut mungkin saja disebabkan oleh tungau yang ada di kasur Anda?

Tungau adalah hewan yang berukuran mikro atau sangat kecil dan hanya bisa dilihat oleh mikroskop. Hewan ini sering ditemukan pada kasur, sofa dan karpet.

Gigitan dari tungau ini cukup berbahaya untuk kulit Anda. Tungau akan masuk ke dalam lapisan kulit dan bereproduksi. Itulah yang menyebabkan gatal pada kulit, gatal ini bisa menjadi kudis atau bisa disebut dengan penyakit scabies. Penyakit ini bisa menular langsung dengan si penderita.

Tungau bisa dibersihkan dan dibasmi secara mandiri atau bisa dilakukan sendiri.

tungau

Ada beberapa cara untuk membersihkan kasur dari tungau. Simak penjelasan berikut :

1. Mengganti seprai kasur

Lakukan secara rutin mengganti seprai kasur Anda. Seprai yang lama digunakan akan menimbulkan bau dan membuat tungau dan mikroorganisme lainnya berkembang biak dengan baik.
Ganti seprai Anda antara 1 sampai 2 minggu sekali, rendam seprai Anda menggunakan air panas sebelum mencuci dengan deterjen. Dengan begitu, tungau dan mikroorganisme lainnya akan benar-benar mati.

2. Gunakan vacuum cleaner

Selain seprai, kasur juga dibersihkan secara rutin. Anda bisa lakukan pada waktu mengganti seprai. Bersihkan kasur terlebih dahulu sebelum memasang seprai yang baru. Gunakan vacuum cleaner saat membersihkan kasur. Dengan vacuum cleaner bisa membersihkan debu lebih banyak dari pada hanya menggunakan sapu.

3. Jemur dibawah sinar matahari

Sesekali jemur kasur Anda dibawah sinar matahari, gunanya untuk membunuh tungau dan mikroorganisme lainnya. Jika kasur Anda dirasa lembab segera jemur kasurnya. Setelah menjemur kasur, usahakan vacuum agar debu dari luar ruangan yang menempel di kasur sudah tidak ada. Baru lakukan pemasangan seprai yang baru.

4. Semprot dengan air garam

Buat air garam dan masukkan ke dalam sprayer, terus semprotkan ke atas permukaan kasur. Air garam bisa membunuh tungau pada kasur Anda karena tubuh tungau tidak kuat dengan garam, alhasil tubuh tungau akan mengering dan mati.

5. Semprot dengan disinfektan

Selain air garam ada juga cara membunuh tungau yaitu dengan cara menyemprotkan disinfektan. Anda bisa membeli disinfektan di toko-toko terdekat, sebelum membeli pastikan kembali benar-benar disinfektan khusus bakteri.

Dari semua cara membersihkan kasur dari tungau, Anda bisa memilih satu sampai tiga cara yang bisa dipakai. Misalkan cara pertama, kedua dan ketiga bisa dipraktekan secara bersamaan atau lakukan cara pertama, kedua dan keempat.

Semoga dengan cara diatas bisa membantu Anda dalam membasmi tungau pada kasur. Jika cara tersebut belum juga efektif dan Anda masih merasa gatal-gatal, tidak ada salahnya Anda memanggil jasa sanitasi kasur milik Haracare. Dengan teknologi yang modern dan menggunakan sinar ULV mampu membunuh tungau dan mikroorganisme lainnya sampai 99,9%. Cek informasinya lebih lanjut dengan CS Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.