fbpx

10 Fakta Kecoa Yang Anda Harus Ketahui

Kecoa

Kecoa merupakan hewan yang sangat menjijikkan, hidupnya di selokan dan membawa penuh penyakit. Saat melihat kecoa ada rasa takut dan kadang membuat merinding. Amankan makanan Anda jika kecoa ada disekitar rumah.

Bicara soal kecoa, hewan yang memiliki nama Periplaneta sp ini ternyata memiliki fakta – fakta yang menarik untuk di bahas dan Anda ketahui.

kecoa

Seperti apa fakta menarik tentang kecoa, berikut penjelasannya.

1. Kecoa Hidup Lebih Tua Dari Dinosaurus

Manusia purba yaitu nenek moyang kita kemungkinan punya perasaan menjijikkan sama dengan kita sepertinya turun-menurun jika melihat kecoa. Parahnya lagi dijaman manusia purba belum ada racun buat serangga.

Menurut penelitian mengatakan bahwa kecoa sudah ada sejak 400 juta tahun yang lalu. Mereka ada saat dinosaurus masih hidup dan pertanyaannya, bagaimana kecoa masih bisa hidup sampai sekarang tetapi binatang lain seperti dinasaurus sudah punah. Ini masih belum bisa dipecahkan oleh peneliti sampai sekarang.

2. Banyak Jenis Kecoa di Seluruh Dunia

Ada 4.000 lebih jenis kecoa yang ditemukan oleh para peneliti. Jenis kecoa beraneka ragam bentuk dan ukuran yang tersebar diseluruh dunia, kecuali di kutub utara, Antartika. Ada 30 spesies kecoa yang berpotensi menjadi hama yang membahayakan manusia. Sebagian besar jenis kecoa hidup di hutan, entah dibawah tanah atau pepohonan. Sisanya tinggal di goa, ladang sawah, rawa, padang rumput dan juga ada di padang pasir.

3. Omnivora (Pemakan Segalanya Termasuk Spesiesnya)

Dari judulnya kecoa pemakan segalanya, makanan seperti bangkai, kertas, kain, sabun, kayu, sisa makanan manusia dan lebih parahnya lagi kecoa makhluk kanibal, memakan sesamanya. Bisa disimpulkan bahwa kecoa ini tidak bakal kehabisan bahan makanan.

Fakta uniknya yang pertama, kecoa bisa bertahan hidup sampai berminggu-minggu tanpa makanan. Ini mempunyai penjelasan ilmiahnya yaitu berkaitan dengan hewan berdarah dingin, yang artinya kecoa bisa menjaga tingkat metabolisme tubuh agar tetap rendah. Fakta unik yang kedua, kecoa tidak bisa hidup tanpa air, jika menemukan kecoa mati, berarti kecoa mati karena kehausan tetapi dengan keadaan Anda tidak menyemprotkan racun serangga.

4. Bisa Menahan Nafas Sampai 40 Menit

Kecoa mempunyai kemampuan yang unik yaitu bisa menahan nafas hingga 40 menit. Ini disebabkan oleh lubang pernafasan di tubuh kecoa yang disebut dengan spiracle. Banyak serangga memiliki lubang tubuh ini.

Cara mereka bisa menahan nafas lebih lama, karena saat kecoa di celupkan kedalam air, spirulsi dapat menutup dan menyimpan udara yang bisa dipakai sampai 40 menit lamanya. Dengan kemampuan ini membuat kecoa bisa terhidar dari bahaya dan bisa mencari tempat yang aman.

5. Kecoa bisa hidup tanpa kepala

Mungkin Anda pernah dengar ada hewan yang masih hidup jika kepala mereka terpenggal atau terputus. Salah satunya hewanya adalah kecoa, kecoa benar – benar bisa hidup tanpa kepala dan bisa hidup dalam seminggu dengan keadaan seperti itu. Penyebab kecoa bisa hidup tanpa kepala karena tubuh mereka bergerak yang dikontrol oleh bagian tubuh tengah. Walaupun otak mereka terpisah dengan tubuhnya, tubuh tengah mereka bisa mengontrol fungsi-fungsi yang vital dari tubuh kecoa.

Kematian kecoa karena kehausan, bisa disebabkan dari kepala mereka yang hilang dan kecoa tidak bisa minum.

6. Bisa bertahan hidup dari radiasi tinggi

Kemampuan hidup kecoa tidak boleh diragukan dari hidup tanpa kepala sampai bisa hidup dengan lingkungan yang memiliki radiasi tingkat tinggi. Kemampuan ini diberitakan oleh para peneliti bahwa tubuh kecoa dapat mentolerir dari radiasi tingkat tinggi dan melampaui manusia dalam bertahan hidup terhadap radiasi.

Hal yang menjadi tolak ukur kenapa kecoa bisa hidup dilingkungan radiasi tinggi adalah saat kota Hirosima dan Nagasaki diledakan pada perang dunia kedua dengan nuklir. Ditemukan kecoa yang masih hidup di kota tersebut. Bahkan saat bencana nuklir terburuk di dunia yang terjadi di kota Cherobyl, kecoa masih banyak keliaran di kota tersebut.

Kecoa bisa diasumsikan hanya bisa bertahan hdup dalam lingkungan yang memiliki tingkat radiasi tinggi dan kebal terhadap serangan nuklir.

7. Hidup berkelompok

Banyak hewan memiliki sifat berkelompok, kecoa salah satunya. Jika Anda melihat kecoa hanya satu dirumah, kemungkinan ada sekelompok kecoa berada dirumah Anda. Mereka akan menyebar untuk mencari makanan dirumah Anda. Salah satu cara kecoa berkomunikasi jika menemukan makanan adalah dengan meninggalkan kotoran, dengan cara seperti itu kecoa lainnya mengetahui posisi kawanan yang lainnya.

8. Kawin sekali seumur hidup

Layaknya aturan kawin manusia, kecoa betina bisa kawin sekali seumur hidup. Faktanya kecoa betina tidak mengharuskan kawin saat musimnya tiba dan kecoa betina harus bertelur. Karena kecoa betina bisa menyimpan sperma kecoa jantan dan bisa menggunakannya pada waktu yang diinginkannya. Bahkan kecoa betina yang umurnya rentan atau pendek, mampu menyimpan sperma jantan seumur hidupnya. Telur kecoa biasanya diisimpan didalam kantong khusus yang disebut Ootheca dan sampai telur tersebut menetas.

9. Memicu penyakit asma

Studi kasus yang dilakukan oleh American College of Allergy menyatakan bahwa kotoran, air liur dan melempar tubuh kecoa ke udara bisa memicu penyakit asma. Mereka menemukan didalam tubuh kecoa memiliki sejenis protein yang merupakan allergen bagi sebagian orang, protein ini yang menyebabkan penyakit asma bagi manusia.

10. Menyukai Bir

Ya, tentu saja kecoa menyukai bir. Bir memiliki kandungan alkohol dan gula. Kecoa menyukai makanan atau minuman yang sifatnya manis seperti gula. Maka dari itu, kecoa bisa menyukai bir yang memiliki kadar gula.

Dari fakta yang sudah disebutkan, kecoa merupakan salah satu hewan ciptaan tuhan yang unik. Dari sekian banyak hewan ciptaan tuhan pasti memiliki fungsi dalam ekosistem. Perlu diingat kembali, kecoa memiliki banyak penyakit, bagi manusia hewan ini tidak perlu ada didalam rumah. Jika ada hewan ini dirumah Anda, berarti ada peringatan untuk Anda untuk menjaga kebersihan rumah Anda.

Jika kecoa ini ada dirumah Anda dengan jumlah yang banyak, maka perlu memanggil jasa pengendali hama. Karena Anda tidak akan mampu untuk membereskannya sendirian. Cari jasa yang profesional yang terpercaya seperti Haracare. Cek detailnya lebih lanjut di layanan CS Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.