Jenis – Jenis Rayap

Berdasarkan tempat atau sarang utama dari tempat tinggal rayap, rayap perusak kayu bisa digolongkan pada jenis-jenis berikut :

1. Rayap Pohon

Jenis rayap ini menyerang pohon yang masih hidup, bersarang didalam pohon dan tidak berhubungan dengan tanah. Contoh jenis rayap ini adalah Neotermes Tectonae (Family Kalotermitidae) atau lebih sering disebut hama pohon jati.

2. Rayap Kayu Lembab

Rayap jenis ini menyerang kayu yang sudah mati dan basah, bersarang didalam kayunya dan tidak berhubungan dengan tanah. Contoh jenis rayap ini dari genus Glyptotermes (Glyptotermes Spp, Family Kalotermitidae).

3. Rayap Kayu Kering

Rayap yang hidup didalam kayu mati yang sudah kering. Hama ini sering kali terdapat di rumah-rumah dan furnitur-furnitur seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Tanda-tanda dari serangan rayap ini terdapat butir-butir kecil dari kayu yang berwarna kecoklatan dan sering berjatuhan di lantai atau sekitar kayu yang diserang. Rayap ini juga tak berhubungan dengan tanah, karena habitatnya harus kering.

4. Rayap Subteran

Pada umumnya rayap jenis ini hidup didalam tanah yang mengandung banyak bahan kayu yang telah mati dan membusuk atau tunggak pohon baik yang telah mati maupun masih hidup. Di Indonesia rayap subteran yang paling banyak merusak adalah jenis dari Family Rhinotermitidae. Perilaku rayap ini mirip dengan rayap tanah seperti Macrotermes namun ada perbedaan utamanya adalah kemampuan untuk bersarang didalam kayu yang diserangnya, walaupun pohon tidak ada hubungannya dengan tanah, asalkan pohon tersebut memiliki kelembabpan. Rayap ini juga bisa disebut dengan hama pohon pinus dan banyak menyebabkan kerugian pada bangunan.

5. Rayap Tanah

Jenis rayap tanah yang ada di Indonesia adalah Family Termitidae. Rayap jenis ini bersarang dalam tanah terutama dekat dengan bahan organik yang mengandung selulosa seperti kayu, serasah dan humus. Rayap tanah umumnya menyerang bangunan dan rayap ini memiliki sifat yang sangat ganas, dapat menyerang objek yang berjarak sampai 200 meter dari sarangnya. Untuk mencapai kayu sasarannya, mereka bahkan dapat menembus tembok yang tebalnya beberapa cm, dengan bantuan enzim yang dikeluarkan dari mulutnya. Jenis rayap Macrotermes dan Odontotermes merupakan rayap tanah yang sangat umum menyerang bangunan di rumah Anda.

jenis rayap

Penggolongan jenis-jenis rayap ini memiliki tingkat kemiripan antar jenis rayap dalam masing-masing family. Anda tidak perlu memusingkan jenis-jenis rayap ini, hal yang terpenting adalah dapat mengenal tipe-tipe rayap dan tempat sarang mereka. Pada umumnya rayap memiliki kemiripan dalam semua perilakunya, sehingga layanan pengendaliannya bisa disamakan. Jika memerlukan jasa pengendalian, panggil saja Haracare.

Please rate this

Recent Post

jasa pengendalian hama lalat hama rumah

6 Hama Rumah Pengganggu

Hama Rumah Datangnya hama rumah merupakan cerminan bahwa rumah kita sudah memicu untuk datangnya hama. Hama tersebut pastinya akan mengganggu