fbpx

5 Jenis Semut Yang Ada Di Rumah

Waspada Semut Rumah

Semut merupakan hama yang menyebalkan, apalagi semut yang berada di dalam rumah. Jika melihat semut yang hanya beberapa, sudah dipastikan ada koloni semut berada dalam rumah Anda.

Pernah tidak melihat secara spesifikasi semut yang ada di rumah Anda? Ada beragam jenis semut yang ada di dalam rumah karena semut memiliki karakteristik dan kesukaan yang berbeda-beda dalam mencari makanan.

Kenali jenis semut yang ada di rumah Anda dan apa kesukaannya

1. Semut Gula (Semut Hantu)

Sudah pasti jenis semut yang menyukai rasa yang manis dan berminyak. Karakteristik dari semut gula memiliki tampilan yang transparan. Semut gula biasanya mempunyai sarang di celah – celah rumah atau dinding. Kadang mereka bersarang di luar ruangan seperti dibawah tanah atau di pot tanaman. Sering kali semut gula terlihat di area dapur dan kamar mandi, menyukai tempat yang lembab. Semut gula mempunyai koloni yang berbeda-beda sesuai dengan ratu mereka. Bisa disimpulkan, jika menemui semut ini, sudah dipastikan bisa memiliki beberapa koloni di rumah Anda.

semut gula / semut hantu

2. Semut Api

Biasanya yang Anda lihat pasti berwarna merah padahal semut ini memiliki karakteristik berwarna tembaga atau berwarna coklat di kepala dan tubuh mereka serta memiliki warna perut yang lebih gelap. Selain itu memiliki ukuran sekitar 1.4 – 1.8cm, kalau untuk ratunya memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 5 – 8cm. Memiliki antena pada kepalanya membuat karakter semut ini menjadi sangat khas dan hanya terdapat pada semut betina.

Semut api hidup dengan siklus yang cukup unik dan panjang. Mulai dari membuat sarang dan kawin, setelah itu sang ratu akan mencari tempat di sekitar sarang yang cocok menaruh telur-telurnya. Jika sudah menemukan yang cocok maka ratu siap bertelur, jumlah telur yang di hasilkan bisa sampai 1.500 telur per harinya.

Telur semut api dapat menetas dalam kurung waktu 8 sampai 10 hari dan tahap kepompong berlangsung selama 9 sampai 16 hari. Setelah itu telur akan menjadi larva.

Larva semut api bahan makanannya dari kelenjar ludah dari ratu semut. Jika sudah mencapai ukuran semut pekerja maka larva akan menetas menjadi semut pekerja.

Lokasi sarang semut api berada di gundukan tanah atau di benda apapun yang berada dekat permukaan tanah. Semut api senang menggigit jika mengalami suatu yang diangap bahaya, akibat dari gigitan dari semut api berupa benjolan gatal yang bisa pulih setelah 48 jam.

Makanan kesukaan dari semut api adalah hewan yang mati seperti serangga, cacing tanah dan vertebrata. Semut pekerja juga mengumpulkan madu dan dedaunan yang memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung protein serta lemak.

semut api

3. Semut Hitam

Semut jenis ini pasti sering juga ada di sekitar rumah Anda. Semut hitam merupakan jenis semut pengganggu dan pencuri makanan di dapur, tempat sampah dan kotoran hewan peliharaan. Semut ini memiliki potensi dalam penyebaran penyakit salmonella.

Semut hitam memiliki karakteristik yang mengkilap dan pastinya berwarna hitam serta memiliki ukuran panjang sekitar 2.5 sampai 3mm.

Siklus hidup semut hitam sama dengan semut yang lainnya. Bertelur terus menjadi larva dan berubah lagi menjadi lundi. Lundi adalah semut setelah larva, baru nanti menjadi semut dewasa atau semut pekerja.

semut hitam

4. Semut Firaun

Nama semut ini diberikan sesuai dengan karakteristik warna dari tubuh semutnya. Semut firaun pekerja memiliki warna kuning kecoklatan dengan perut berwarna coklat. Ukuran panjang tubuh semut firaun sekitar 1.5 – 6mm.

Semut jantan memiliki panjang sekitar 3mm dan berwarna hitam juga bersayap. Berbeda dengan semut firaun betina dengan panjang tubuh sekitar 3.5 sampai 6mm dan berwarna merah tua ditambah sayap yang lebih lebar.

Semut firaun memiliki lebih dari satu ratu dalam satu koloni, padahal jenis semut yang lain biasanya memiliki satu ratu untuk satu koloni. Ratu semut firaun bisa bertelur hingga 3.500 telur dalam masa hidupnya. Mereka menyukai tempat yang lembab dan memiliki kehangatan yang seimbang. Dalam satu koloni jumlah semut firaun bisa mencapai 300.000.

Makanan yang disukai oleh semut firaun adalah berprotein tinggi seperti daging, lemak, darah, serangga mati dan masih banyak lagi. Mereka akan mencari makanan yang berada dalam ruangan yaitu rumah.

semut firaun

5. Semut Tukang Kayu

Sesuai namanya, semut ini sangat menyukai kayu. Mulai dari kayu basah atau kayu kering. Semut ini akan membuat sarang di kayu yang lembab karena memiliki air untuk mereka minum. Sarang yang mereka buat didalam kayu yaitu membuat lubang pada pohon dan dibuat sebagus mungkin.

Semut tukang kayu memiliki karakteristik panjang tubuh 1.2 sampai 1.4cm dan berwarna hitam dan merah. Dalam membangun sarang membutuhkan waktu 3 sampai 6 tahun agar lebih kokoh. Dalam perkembang biakkannya membutuhkan waktu dari 6 sampai 12 minggu dari masa telur sampai dewasa.

Makanan favoritnya berupa rasa yang manis, lemak dan daging. Bukan kayu makanannya, kayu hanya sebagai tempat sarang saja. Mereka akan mencari makan pada waktu malam hari.

semut tukang kayu

Dari semua karakteristik semut yang ada dirumah, manakah jenis semut yang sering ada dirumah Anda? Sekarang Anda sudah mengenali jenis – jenis semut yang ada di sekitar rumah. Dengan begitu Anda bisa mencari cara untuk pencegahannya.

Jika Anda tidak mengerti cara pencegahannya, bisa handalkan Haracare yang memiki jasa pest control. Dengan tim yang berperngalaman selama 12 tahun lebih dapat membantu masalah Anda dengan semut. Cek informasi melalui CS Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.