fbpx

Ketahui, 6 Jenis Tawon Yang Ada Di Sekitar Rumah dan Bahayanya

Kenali Si Tawon

Perlu diketahui, sengatan tawon sangat berbahaya bagi manusia. Selain menimbulkan bengkak, kadang menyebabkan alergi. Anda pasti sering menemukan sarang tawon di sekitar rumah Anda. Jika sarang tawon terganggu, pasti akan menyerang Anda.

Berbahaya bukan?

Ada beberapa jenis tawon yang mempunyai sengatan yang bisa membuat mati manusia. Tanda-tandanya bisa kesulitan bernafas, pembengkakan lidah, hingga mula dan pingsan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis tawon apa saja yang ada di Indonesia dan mana tawon yang sangat berbahaya. Ini penting, agar Anda bisa mengendalikan sekawanan tawon jika dalam keadaan langsung berhadapan dengan tawon.

Berikut jenis tawon yang ada di sekitar Anda.

1. Tawon Vespa Affinis/ Tawon Ndas

tawon verspa affinis atau tawon ndas

Salah satu tawon yang terkenal di Indonesia. Bisa Anda temukan selain di perumahan, ada di persawahan dan perkebunan. Mereka bersarang di langit – langit rumah maupun pohon. Sengatannya menimbulkan pembengkakan dan bisa juga mengancam nyawa.

2. Tawon Vespa Tropica

tawon vespa tropica

Mempunyai sarang di bawah tanah atau lubang pada pohon. Memiliki bentuk fisik mirip tawon ndas dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.

3. Tawon Vespa Analis

tawon vespa analis

Sebagian besar jenis tawon ini adalah tawon pekerja. Membangun sarang, mengumpulkan makanan dan melindungi koloni. Tawon ini memiliki satu ratu dalam satu koloni dan jumlah jantannya lebih sedikit dari pada tawon pekerja. Tawon jantan akan segera mati setelah melakukan perkawinan dengan ratu. Bahan makanan yang di cari tawon jenis ini lebih banyak getah pohon dari pada sari dari bunga.

4. Tawon Vespa Velutina

tawon vespa velutina

Bagi perternak madu, tawon ini dianggap sebagai hama. Karena jenis tawon ini memangsa larva dari lebah madu. Memiliki sarang yang diletakkan di tempat yang tinggi dan mempunyai koloni yang berisi ratu, pekerja dan jantan.

5. Tawon Kertas

tawon kertas

Sering disebut dengan tawon payung, karena mempunyai sarang yang berbentuk unik. Cara membuat sarangnya adalah mengumpulkan serat dari kayu dan batang tanaman yang dicampur dengan air liur mereka. Bentuk fisik dari sarang tawon kertas ini seperti lampion yang memiliki banyak lubang serta tahan terhadap air.

6. Tawon Cicadas Killers

tawon cicadas killers

Dari namanya saja sudah menyeramkan “Killers”. Mempunyai sarang di bawah tanah dan sasarannya adalah jangkrik. Akan tetapi, bisa juga menyerang manusia. Tawon jenis ini sangat mudah berkembang biak.

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis – jenis tawon. Dengan begitu Anda bisa mengatasi sesuai dengan jenis tawon yang ada disekitar Anda. Apabila ingin mengusir tawon, pastikan Anda memakai alat pelindung diri yang lengkap.

Apabila merasa tidak berani untuk melakukannya, Anda bisa memanggil jasa pest control dari Haracare. Dengan peralatan yang modern serta memiliki keahlian dibidang pengendalian hama yang sudah berdiri sejak 2008. Haracare dapat membantu Anda mengatasi hama tawon di rumah Anda. Konsultasikan dahulu dengan marketing Haracare.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.