Tanda Rayap

Rayap adalah hewan yang memiliki koloni dengan jenis yang berbeda-beda. Ada rayap kayu basah, rayap kayu kering dan juga rayap tanah. Rayap merupakan hama pemakan selulosa yaitu setiap rumah memiliki sasaran untuk jadi rumah bagi rayap.

Rayap dapat muncul dimana pun dan pastinya sekitar rumah Anda. Berbekal keahliannya, rayap dapat menghancurkan kayu dengan sangat mudah.

Jenis rayap kayu kering lebih sering terlihat di dalam rumah karena mereka bisa hidup dengan mengkonsumsi kayu yang ada didalam rumah. Selain itu jenis rayap kayu kering ada juga yang sering ada di sekitar rumah adalah rayap tanah. Rayap tanah akan membuat sarang di bawah tanah dan juga membuat terowongan yang luas hingga ke area bawah rumah Anda.

Rayap yang datang ke rumah tidak mengenal musim, oleh karena itu rayap menjadi ancaman yang konstan. Penting buat Anda untuk memiliki rencana pengendalian hama yang siap membantu untuk mengeliminasi rayap kapan pun.

tanda rayap
Berikut tanda rayap di dekat rumah Anda.

1. Terlihat butiran kayu

Jika Anda melihat butiran kayu seperti pasir atau serbuk gergaji, sudah dipastikan ada rayap di rumah Anda. Butiran kayu ini berasal dari kotoran dan sisa kunyahan dari rayap. Rayap ini merupakan jenis rayap kayu kering.

2. Munculnya mud tubes

Mud tubes merupakan jalur yang dibuat rayap yang berbentuk terowongan berfungsi untuk mengangkut makanan ke dalam sarang. Dalam membuat terongan ini sangat jelas terlihat dari bawah dan menempel di dinding kayu atau kusen. Jenis rayap ini adalah rayap bawah tanah.

3. Terlihat laron keluar pada malam hari

Rayap terbang atau lebih di kenal dengan laron merupakan jenis rayap tanah. Apabila Anda melihat laron datang ke rumah Anda dan mencari lampu rumah. Maka Anda harus berhati-hati, rayap akan menyerbu rumah Anda dan akan membuat koloni di rumah Anda.

4. Kayu menjadi hampa

Anda mungkin pernah melihat kayu kusen dari luar kelihatan masih bagus tetapi jika di ketok langsung hancur. Kenapa bisa begitu? rayap akan memakan habis kayu yang menurut mereka itu sumber makanannya. Nah, ini menandakan infeksi dari rayap sudah merajalela dirumah Anda. Anda harus lebih waspada, karena akan mengancam Anda dan keluarga.

5. Lantai kayu menggelembung

Apabila lantai rumah Anda terbuat dari kayu, maka lakukan perawatan ekstra untuk lantai kayunya. Jika tidak, rayap akan mengancam setiap saat dan membuat sarang tepat dibawah lantai kayu tersebut. Rayap menyukai daerah yang lembab dan gelap. Kelembabpan ini terjadi karena sudah ada rayap dibawah lantai kayu dan memicu lantai kayu menjadi menggelembung.

Sekarang Anda sudah mengetahui tanda rayap di sekitar rumah Anda. Dengan begitu Anda sudah bersiap merencanakan pengendalian hama segera mungkin. Agar rumah Anda terhindar dari serangan rayap.

Anda bisa mencari jasa pengendalian hama milik Haracare. Menggunakan metode yang modern, tanpa survey, jaminan hingga 3 tahun dan konsultasi gratis. Gunakan layanan bebas pulsa Haracare untuk konsultasi. Cek lebih lanjut di web Haracare.

Please rate this

Recent Post