Membasmi Kutu Kasur Dalam 24 Jam dengan 10 Bahan No ratings yet.

10 Bahan Sehari-hari Untuk Membasmi Kutu Kasur Dalam 24 Jam

Kutu kasur atau disebut juga dengan bedbugs dan kutu kasur, adalah mahluk kecil yang hidup di kasur dengan memakan sel kulit mati mansuia. Adanya kutu kasur ini bisa memicu berbagai penyakit pada manusia.

Misalnya masalah pernafasan, iritasi kulit dan gatal-gatal. Ada banyak cara untuk mengatasi kutu kasur, begitupun ada bahan sehari-hari yang bisa anda gunakan juga untuk membasminya.

Jika kutu kasur ini sudah bersarang dan bertelur, maka ia bisa menyebar dengan sangat cepat ke pakaian, perabotan dan perlengkapan tidur.

Sebelum kita membasmi kutu kasur, mari cari tahu dulu apa sebenarnya yang menyebabkan adanya kutu di kasur.

Penyebab Munculnya Kutu Kasur

Kutu kasur bisa berasal dari lingkungan luar yang secara tak sengaja hinggap dan bersembunyi di pakaian anda. Jika pakaian tersebut belum dicuci dalam beberapa hari, tungau bisa saja pindah ke berbagai tempat di rumah anda.

Selain itu kutu kasur paling sering ditemukan di tempat-tempat yang banyak orangnya. Misalnya seperti rumah sakit, apartemen, tempat penginapan dan transportasi umum.

Jika anda baru saja dari tempat-tempat tersebut, ada baiknya anda langsung melepas dan mencuci pakaian yang anda bawa saat itu.

Ada lagi satu penyebab yang bisa mengundang datangnya kutu kasur, yaitu kasur anda yang kurang terawat kebersihannya.

Coba anda ingat-ingat, kapan terakhir kali anda membersihkan atau setidaknya menjemur kasur?

Cara membasmi kutu kasur

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi kutu kasur. Berikut 3 cara paling mudah untuk membasmi kutu kasur:

1. Menjemur Kasur

Ini adalah metode paling sederhana namun tetap efektif yang bisa anda lakukan. Hanya saja, pastikan anda menjemur kasur di atas tempat yang kering, pada lingkungan yang tidak lembab, agar efek dari jemurannya maksimal.

Anda juga bisa sambil memukul-mukul kasur dan memberinya pengharum.

2. Cuci Kasur dan Perlengkapnya Dengan Air Panas

Termasuk bantal, sarung bantal, sepray, selimut dan lain-lainya sebaiknya dicuci menggunkan air panas. Ingat yang digunakan adalah air panas, bukan air hangat.

Setidaknya air sudah mendidih 90 derajat celcius, karena itu anda juga harus berhati-hati dan menggunakan sikat saat mencucinya.

3. Semprot Dengan Cairan Pembunuh Serangga

Ada banyak jenis produk cairan pembunuh serangga di pasaran. Namun anda tidak boleh sembarangan membelinya jika akan digunakan untuk membasmi kutu di kasur.

Disarankan untuk membeli produk yang kandungan racun serangganya tidak terlalu tinggi, dan tidak terlalu berefek pada manusia.

pengendali kutu kasur

Bahan Sehari-hari Untuk Membasmi Kutu Kasur

Selain dengan 3 cara diatas tadi, anda juga bisa membasmi kutu kasur atau tungau dengan bahan-bahan yang bisa anda temui sehari-hari.

Selain karena mudah di dapat, bahan-bahan berikut ini juga telah terbukti mampu membasmi kutu kasur.

1. Minyak Tanah dan kapur Barus

Cara penggunanya adalah dengan cara mencampur minyak tanah dengan kapur barus. Kemudian masukkan ke dalam botol penyemprotan.

Semprotkan pada area-area kasur yang dirasa menjadi sarang dari kutu kasur. Atau jika anda tidak tahu dimana sarangnya, semprotkan saja ke semua permukaan kasur secara merata.

2. Garam dan air

Selain bisa mengurangi sakit gigi, campuran air dengan garam juga bisa membasmi kutu kasur yang ada di kasur. Caranya sama, yaitu dengan memasukkanya ke dalam botol semprot.

Kemudian menyemprotkannya ke kasur, hanya saja anda harus lebih sering menyemprotkannya. Jika dirasa agak basah, anda harus mengeringkannya terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

3. Cuka

Cuka tidak perlu dicampur dengan bahan apapun, anda langsung bisa menyemprotkannya melalui botol semprot. Semprotkan di tempat yang baunya agak berbeda dengan kasur.

Untuk memaksimalkannya anda bisa melakukan semprot dua kali, setelah semprotan pertama kering, semprot kembali dengan dosis setengah dari sebelumnya.

4. Tetesan Lilin

Jika anda memiliki lilin yang tak terpakai, anda bisa menjadikannya obat untuk membasmi kutu kasur. Namun sebelum menggunakannya, anda harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama, anda harus memastikan di bagian mana kutu kasur paling banyak ada. Kedua, anda harus meneteskannya secara cepat, sehingga tidak ada kutu kasur yang lari.

5. Kulit Durian

Cara ini tidak dianjurkan untuk orang yang tidak tahan dengan bau durian. Namun jika anda suka durian, kulitnya bisa dimanfaatkan untuk mengusir dan membasmi kutu kasur.

Caranya pun sangat sederhana, yaitu meletakkan kulit durian yang sudah dipotong-potong di dekat sarang dari kutu kasur.

Nah, itulah cara dan bahan yang bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur. Meskipun demikian cara dan bahan diatas tidak membunuh 100% kutu kasur.

Untuk membasmi sampai ke telur-telurnya, anda harus menyewa jasa pembasmian kutu kasur. Sehingga kasur dan lingkungan anda akan dibersihkan secara profesional.

Ini lebih disarankan, karena meskipun anda mengeluarkan sejumlah biaya, akan tetapi itu sangat sepadan dengan kesehatan dan kenyamanan yang akan anda dapatkan.

Jika anda ingin mengetahui berapa biaya jasa pembasmian kutu kasur atau tungau, silahkan hubungi kami Haracare melalui kontak yang tersedia.

Dapatkan diskon 20% jika anda memesan jasa kami hari ini juga!

Please rate this

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.