fbpx

Kasus Baru Pandemi 2021, Mutasi Virus Corona Menciptakan Varian Baru

mutasi virus

Mutasi Virus Corona

Sebelumnya sudah kita ketahui bahwa mutasi virus corona yang pertama adalah virus B117 yang terdeteksi di negara Inggris sudah masuk ke Indonesia yang diumumkan langsung oleh ketua gugus tugas covid-19 beberapa bulan lalu dan bertepatan dengan setahunnya virus corona di Indonesia. Selain virus B117, varian virus yang sudah masuk ke Indonesia adalah B1351 dan B1617.

Virus B1351 adalah virus varian baru yang terdeteksi di negara Afrika Selatan dan virus B1617 terdeteksi di negara India. Dari ketiga varian virus baru ini, dapat digolongkan dengan Varian of Concern atau VoC yang artinya memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36% sampai dengan 75% dibandingkan dengan virus covid-19 pada awalnya.

Hingga saat ini varian B117 yang paling banyak dilaporkan dari berbagai negara di seluruh dunia. WHO mencatat berbagai peningkatan kasus yang terjadi terutama di Asia Tenggara hingga 49%. Sementara untuk varian B1617 sudah banyak terjadi berbagai kabupaten di Indonesia seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Bali sedangkan untuk varian B1351 baru dapat informasi hanya di Bali saja.

Untuk mencegah penularan agar tidak semakin luas, dihimbau untuk semua masyarakat terutama di Indonesia untuk mengurangi aktifitas keluar rumah, semprot disinfektan secara mandiri atau menggunakan jasa disinfektan yang ada di daerah Anda.
Fakta – fakta soal varian baru corona dari berbagai sumber yang dirangkum untuk Anda ketahui. Varian B1617 memilki fakta unik yang perlu Anda ketahui, bagaimana penjelasannya?

1. Mutasi Ganda
Diketahui varian B1617 memiliki dua mutase yaitu E484Q dan L452R. Dari hasil penelitian bahwa kedua mutasi tersebut bisa menjadi kunci dari kemampuan varian baru yaitu lebih mudah menular. Istilah dari dua mutase dari varian B1617 ini disebut dengan mutan ganda.

2. Dimana Saja Penyebarannya?
Dari keterangan WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, varia B1617 tersebut sudah ditemukan di 17 negara dan salah satunya Indonesia. Urutan teratas dari kasus varian B1617 mulai dari India, Ingris, AS dan Singapura.

3. Apakah lebih berbahaya?
Kesimpulan dari seorang virology dari Amerika Serikat mengatakan, bahwa salah satu mutase dari varian B1617 ini bisa membantu virus utama untuk menghindari antibody atau vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh.

4. Apakah varian B1617 yang menyebabkan berita heboh di India?
Varian B1617 ini diduga menjadi pemicu utama yang menyebabkan gelombang kedua di India yang sangat heboh diberitakan. Namun belum bisa dipastikan karena belum cukup bukti bahwa ini dari varian B1617 karena perlu beberapa bulan untuk mengetahui hasil dari penelitian.

5. Apakah bisa dengan vaksin yang sekarang beredar?
Dari imunolog Kanada Dr Alain Lamarre mengatakan bahwa mutasi yang dimiliki varian B1617 dapat merespon antibodi yang buruk. Artinya, vaksin yang sekarang beredar bisa berkurang efektivitasnya, tetapi masih perlu proses penelitian lebih lanjut.
Sedangkan fakta – fakta unik dari varian B1351 yang juga disebut dengan varian raja ini, memiliki penjelas yang berbeda.

1. Reinfeksi
Pada bulan oktober lalu, pertama kali ditemukan varian corona B1351 yang menyebar di berbagai negara termasuk Asia yaitu Filipina. CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebut ada kemungkinan reinfeksi terjadi akibat varian B1351.

2. Termasuk Menjadi Perhatian Serius WHO
WHO menyebutkan bahwa varian B1351 ini menjadi perhatian serius atau disebut dengan Varian of Concern (VoC). Dikhawatirkan dampak dari VoC ini menyebabkan meningkatnya infeksi dan efikasi pada vaksin corona.

3. Apa Dampak Efikasi Vaksin Corona
Terbukti, varian B1351 ini dapat menurunkan efikasi vaksi corona, salah satunya pada vaksin corona Novavax, efikasi turun dari 96% menjadi 60%. Varian B1351 lebih besar penurunan efikasi vaksin dari pada varian B117 yang masih relative lebih baik.
Dari semua fakta yang terjadi di seluruh dunia, apa Langkah Anda untuk menghindari penularan virus ini?

Sebagai warga negara yang baik dan taat peraturan, dimohon untuk mengikuti aturan dari pemerintah, selain itu tetap waspada dan selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga. Lakukan secara rutin penyemprotan disinfektan secara pribadi atau bisa juga menggunakan jasa disinfektan yang ada di setiap daerah Anda tinggal. Haracare sudah ada di 20 kota seluruh Indonesia, Jasa penyemprotan disinfektan yang ditawarkan memiliki sertifikasi dari CDC dan sudah rekomendasi oleh WHO.

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.