5 Nama Bakteri dan Penyakit yang Di Timbulkannya No ratings yet.

Bakteri dan Penyakit yang Di Timbulkannya

nama bakteri dan penyakitnya

Apa yang ada dibenak Anda, jika mendengar kata bakteri? Sebagian besar orang pasti berkesimpulan bahwa bakteri itu adalah makhluk hidup yang berbahaya. Bakteri di cap seperti itu karena memiliki reputasi yang bukan tanpa alasan.

Bakteri sendiri memang memiliki fungsi berbagai macam penyakit seperti pneumonia, TBC, tipes hingga meningitis. Bakteri juga tidak selalu merugikan, ada beberapa jenis bakteri yang baik untuk tubuh kita.

“Mari pelajari lebih jauh lagi”

Pengertian dari bakteri adalah organisme mikrokopis yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Mereka hidup di lingkungan yang beraneka ragam, bisa diluar tubuh manusia atau di luar tubuh manusia seperti tanah, air sungai atau air laut.

Struktur dari bakteri dikategorikan sebagai prokariota atau merupakan organisme bersel tunggal. Bakteri bisa berkembang biak dengan cara membelah dirinya. Oleh karena itu, perkembangbiakkan bakteri sangat cepat terjadi dan cepat juga menyebar.

“Mau tahu apa saja jenis bakteri jahat dan penyakit yang disebabkannya? simak dengan baik”

Ada beberapa bakteri jahat yang mengintai Anda dan keluarga. Anda harus tahu bakteri yang terkandung di benda – benda atau hewan dan mulai mencari tahu cara pencegahannya.

Berikut nama – nama bakteri dan penyakit yang di timbulkannya

1. Bakteri E. coli

Bakteri jenis ini menyerang sistem pencernaan pada manusia. Bakteri salmonela akan masuk ke dalam perut dan mengakibatkan nyeri perut, BAB yang lebih sering dan kotorannya menjadi encer. Penyakit yang di timbulkan adalah diare. Selain bakteri salmonela, ada bakteri yang bisa menyebabkan diare seperti bakteri E. coli, Campylobacter, Clostridiumdifficile dan salmonela. Bakteri ini terdapat pada tanah dan kotoran lainnya yang menempel di benda – benda sekitar Anda.  Jika Anda sudah terserang penyakit ini dan tidak segera diobati maka Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh sehingga dehidrasi. Anda bisa menghentikan diare dengan cara minum sari jambu atau obat diare, segera berobat dan banyak istirahat.

2. Bakteri Salmonela Typhi

Bakteri ini juga menyerang sistem pencernaan yang berasal dari makanan yang terkontaminasi. Makanan yang terkontaminasi bisa berasal dari benda – benda yang dipakai untuk makan seperti piring, sendok dan garpu. Penyakit yang di timbulkan mulai demam tinggi, sakit perut, sembelit dan diare atau bisa disebut dengan tipes. Segera dapatkan penanganan medis jika mengalami penyakit tipes.

3. Bakteri Streptococcus Pneumonia

Udara yang tercemar bisa jadi terdapat bakteri Streptococcus Pneumonia. Ciri – ciri penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ini meliputi batuk berdahak, demam hingga sulitnya bernafas. Bakteri Streptococcus Pneumonia menyerang paru – paru dan menyebabkan pembengkakan pada kantung udara di paru – paru sehingga berisi cairan nanah. Nama penyakit ini biasanya disebut dengan paru – paru basah. Anda harus mendapatkan penanganan medis di rumah sakit, jika penyakit ini terjadi pada Anda.

4. Bakteri Corynebacterium Diphtheria

Selain bakteri Streptococcus Pneumonia yang ada di udara yang tercemar, ada juga bakteri Corynebacterium Diphtheria. Jika Anda menghirup udara yang terinfeksi bakteri ini kemungkinan akan menyerang selaput lendir pada tenggorokan, hidung hingga kulit. Gejala yang di timbulkan mulai dari pilek yang cair kemudian menjadi kental dan berdarah, suara serak, demam dan menggigil. Penyakit ini diberi nama difteri. Lakukan perawatan medis segera mungkin bila tidak mau berakibat fatal.

5. Bakteri Neisseria Meningitidis

Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ini bernama Meningitis yang berasal dari nama bakterinya. Penyakit ini akan menyerang selaput pelindung otak dan tulang belakang. Selain itu, berpotensi merusak sistem saraf otak hingga berujung dengan kematian. Ada beberapa bakteri yang bisa menimbulkan penyakit meningitis ini yaitu, Streptococcus Pneumoniae, Haemophilus Influenzae, Listeria Monocytogenes dan Staphylococcus Aureus.

“Cara Pencegehannya Bagaimana?”

Penyakit yang di timbulkan oleh bakteri jahat dapat disembuhkan dengan antibiotik dan juga vaksin. Untuk menghindari terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sebaiknya Anda menjaga pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan.

Menurut dokter, agar tidak mudah sakit ada yang perlu diperhatikan seperti makan makanan yang gizi, olahraga yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan dan juga hindari kontak langsung dengan orang yang sakit.

Jika mencari jasa sanitasi untuk ruangan rumah, kantor, apartemen dan tempat lainnya, bisa hubungi Haracare. Haracare mampu membantu Anda mengeliminasi bakteri hingga 99,999% dan menciptakan lingkungan yang bersih dan Nyaman.

Please rate this

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.