5 Nama Virus dan Penyakitnya No ratings yet.

Nama Virus dan Penyakit yang Di Timbulkan

nama virus

Virus merupakan organisme yang berukuran sangat kecil dan tergolong dalam mikro yang tidak bisa di lihat dengan mata telanjang. Virus memiliki ukuran mikroskopis yang berkisaran hingga 300 milimikron. Virus memiliki sifat aseluler yaitu tidak memiliki sel, sehingga virus hanya bisa berkembangbiak didalam sel yang hidup.

Beberapa penyakit yang dialami oleh manusia pada umumnya disebabkan adanya serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Virus tidak hanya menyerang manusia, hewan dan tumbuhan pun bisa terkena virus. Virus yang aktif akan menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda menjadi lemah.

Secara umum, virus memiliki karakter dan beragam jenis serta penyakit yang dihasilkannya.

Berikut nama virus dan penyakit yang ditimbulkannya

1. Virus HIV

Virus ini berasal dari cairan tubuh yang terinfeksi, cairan yang dimaksud seperti cairan sperma, cairan vagina, darah, maupun ASI. Penyerbaran virus HIV bisa melalui hubungan seksual yang tidak sehat, pemakaian jarum suntik yang bergantian dan juga ASI. Tidak hanya itu, virus ini akan cepat menyebar jika Anda berhubungan langsung dengan penderita HIV, seperti berciuman, donor darah, air mani dan hal lainnya.

Perlu Anda ketahui, virus ini tidak akan menular melalui kontak langsung seperti bersentuhan, berjabat tangan atau berpelukkan. Virus ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, jika memiliki penyakit ini tubuh akan rentang terinfeksi dengan penyakit lainnya.

Jika virus ini tidak segera ditangani secara medis, maka virus ini akan berkembang dan menimbulkan penyakit AIDS (Aquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquires Immune Deficiency Syndrome).

2. Virus Corona Paramyxovirus

Virus yang sedang menginfeksi seluruh dunia ini, salah satunya bisa mengancam nyawa manusia. Dalam pencegahannya bisa dilakukan secara mandiri yaitu dengan penyemprotan disinfektan dan menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Virus Corona Paramyxovirus ini menyerang sistem pernafasan, virus ini dapat menular ke manusia dengan menghirup udara yang sudah terinfeksi dan bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi virus corona paramyxovirus ini. Hal yang terburuk dari virus ini adalah dapat menyebabkan penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Penyakit ini merupakan salah satu dari jenis penyakit pneumonia yang menginfeksi saluran pernafasan manusia.

3. Virus Dengue

Virus ini ditularkan oleh gigitan hewan yang kalian sudah sering menemuinya yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Hewan yang banyak terdapat dilingkungan rumah ini sangat membahayakan manusia. Penyakit yang ditimbulkannya dari virus ini adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh, menurunkan imun dan juga mengurangi sel darah putih atau trombosit.

Virus ini masih terjadi di Indonesia saat musim penghujan, dimana nyamuk berkembang biak dengan sangat cepat pada musim ini. Cara pencegahan bisa mulai dari kebersihan selokan, bak penampungan air, sampah dan juga kebersihan didalam rumah. Karena tempat – tempat tersebut menjadi tempat favorit nyamuk untuk membuat sarang. Selain itu, Anda bisa lakukan fogging agar lebih cepat dalam membasmi nyamuk.

4. Virus Ebola

Virus ini ditemukan di sungai Ebola di Zaire (Kongo) sekitar tahun 1976. Virus ini dapat menyebabkan diare, demam dan pendarahan. Selain itu virus ini dapat membunuh manusia jika tidak di tangani dengan baik dan benar.

Dalam penyebarannya, virus ini bisa melalui benda yang terkontaminasi oleh virus ebola dan masuk ke dalam cairan tubuh. Sampai saat ini vaksin sudah beredar untuk mengobati virus Ebola ini.

5. Virus Poliomielitis

Virus yang sudah lama ada di Indonesia sejak abad ke-18 dan merupakan virus tertua di dunia. Virus ini akan menyerang anak – anak yang usianya sekitar 3 – 5 tahun. Oleh karena itu, program pemerintah Indonesia untuk menanggulangi virus ini diadakan setiap bulan di masing –  masing daerah dan ini gratis untuk masyarakat Indonesia.

Virus poliomielitis ini menyebabkan otot menjadi lemah hingga menjadi kelumpuhan. Ada beberapa gejala pada anak yang terinfeksi virus ini yaitu berupa demam, keram otot, nyeri sendi dan tulang terasa ngilu di tubuh.

Penularan virus ini bisa melalui kontak antar manusia seperti kotoran yang terkontaminasi dan juga dapat menular ke anggota keluarga lainnya yang tinggal dalam satu rumah.

“Bagaimana? Apakah Anda sudah belajar tentang virus dan penyakitnya?”

Jika Anda sudah mengetahui jenis virus dan bagaimana penularannya. Sekarang Anda bisa mencari cara pencegahannya. Seperti biasanya, kebersihan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah penularan virus. Biasakan untuk rajin membersihkan diri sendiri dan lingkungan rumah. Selain itu, jaga pola makan yang sehat dan bergizi serta olahraga yang cukup.

Apabila rumah, kantor, apartemen dan tempat lainnya ingin steril dari virus, bisa gunakan jasa sterilisasi dari Haracare. Haracare mampu membantu masalah Anda dengan mengeliminasi virus hingga 99,999%. Segera hubungi marketing Haracare.

Please rate this

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.