Penting Menjaga Kebersihan Kasur Saat Pandemi Covid-19 No ratings yet.

Jagalah Kebersihan Kasur Anda

Kasur atau tempat untuk tidur memiliki fungsi utama sebagai pelepas lelah seharian bekerja. Faktanya, Anda melakukan banyak aktifitas yang dilakukan diatas kasur yang seharusnya tidak dilakukan. Aktifitas yang dilakukan seringkali membuat kasur akan lebih mudah kotor dan akhirnya membuat kualitas tidur Anda tidak lagi nyaman.

jasa cuci kasur

Ada beberapa tips penting untuk menjaga kebersihan kasur agar tempat tidur Anda benar-benar layak dipakai sebagai tempat istirahat yang nyaman.

1. Menggunakan pelapis kasur

Jika Anda memiliki anak kecil yang sangat aktif, tentu sangat sulit untuk melarang mereka bermain diatas kasur. Kadang, anak kecil yang sering dilarang malah semakin tertarik untuk lebih giat bermain diatas kasur. Stres? Anda tidak perlu bingung, ada solusi untuk mengatasi masalah ini. Anda hanya perlu memasang tambahan pelapis kasur. Saat ini banyak tersedia pelapis kasur yang sesuai dengan ukuran kasur Anda dan juga mudah dilepas dan dipasang kembali, serta bisa dicuci dengan mudah.

Tak hanya menjaga kebersihan kasur Anda, pelapis ini juga bisa menghambat serapan air seni dari anak ketika mengompol saat tidur. Selain itu, pelapis kasur dapat melindungi Anda dan keluarga dari tungau kasur.

2. Menganti bantal lama

Jika bantal sudah tidak nyaman digunakan segera ganti bantal Anda. Para peneliti menyatakan bahwa mengganti bantal dan guling dilakukan setidaknya setahun sekali. Alasannya, bantal dan guling juga bisa menjadi sumber penyakit dan tempat berkembangbiaknya bakteri, kuman, virus serta mikroorganisme lainnya. Jangan sampai kasur Anda terkontaminasi oleh bantal dan guling Anda yang sudah lama dan memiliki bakteri, kuman, virus dan mikroorganisme lainnya.

3. Awasi hewan peliharaan

Penyayang hewan seperti kucing atau anjing merupakan hal yang biasa bermain di tempat tidur. Tetapi perhatikan juga kebersihan hewan peliharaan Anda. Kadang Anda akan membawa hewan peliharaan ke atas kasur Anda dan tidur dengan Anda. Setelah kebersihan hewan peliharaan, awasi juga bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda. Karena bulu-bulu hewan yang rontok membuat kotor kasur Anda. Bersihkan bulu-bulu tersebut dengan menggunakan sikat khusus atau alat penyedot seperti vacuum.

4. Remahan makanan

Banyak orang punya kebiasaan makan cemilan sambil tiduran diatas kasur atau makan sambil menonton televisi. Sayangnya, kebiasaan ini sangatlah buruk bagi kebersihan kasur dan juga kesehatan tubuh. Remahan makanan yang jatuh diatas kasur membuat kasur lebih cepat kotor dan akhirnya mengundang hewan seperti semut, kecoa, dan hewan lainnya. Belum lagi noda seperti minyak dari makanan tersebut yang mengotori sprei dan menimbulkan bau.

Sebaiknya berhentilah memakan cemilan diatas tempat tidur Anda dan cobalah makan di tempat makan yang seharusnya.

5. Tumpahan minuman

Tidak hanya makanan yang membuat kasur Anda kotor, tumpahan minuman seperti kopi, teh atau minuman yang beraroma dan berasa juga menjadi noda pada kasur Anda. Jika tidak segera dilap atau dibersihkan akan menyebabkan bau dan mengundang hewan untuk datang keatas kasur Anda. Jika ingin minum sebaiknya jangan diatas kasur, usahakan agak menjauh dari kasur Anda.

6. Vacuum Kasur

Sebagian orang untuk mengurangi kelembaban, bakteri, kuman, virus dan mikroorganisme lainnya pada kasur, kasur di jemur pada sinar matahari. Sebenarnya dengan hanya menjemur saja tidak cukup untuk mengurangi mikroorganisme pada Kasur. Faktanya, malah debu yang menempel pada kasur Anda dan membuat mikroorganisme berkembangbiak.

Untuk membersihkan kasur dengan tuntas adalah dengan vacuum kasur Anda. Dengan menggunakan vacuum cleaner, bisa menyedot semua debu, bakteri, kuman, virus dan mikroorganisme lainnya. Tetapi gunakan alat vacuum cleaner yang tepat agar maksimal hasilnya.

Dengan memperhatikan pentingnya menjaga kebersihan kasur, Anda pastinya akan merasakan istirahat yang aman dan nyaman. Selain kasur yang terawat kebersihannya, tentu membuat awet masa pakai kasur menjadi lebih lama atau setidaknya sesuai dengan masa pakai yang seharusnya.

Perlu diketahui, dalam pergantian kasur tidur direkomendasikan setiap 7 tahun sekali. Dan jangan sampai menunggu kasur tidak berfungsi dengan baik, sebab hal tersebut akan mengganggu istirahat Anda dan akhirnya bisa berdampak pada kesehatan. Apabila mencari jasa cuci kasur untuk maksimalkan kebersihan pada kasur Anda, bisa gunakan layanan Haracare.

Please rate this

Enquire now

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.